Rogoh Rp1,98 T, Delta Dunia (DOID) Akuisisi Produsen Antrasit (UHG)

- 05 June 2024

Emiten jasa pertambangan PT Delta Dunia Makmur Tbk (DOID) melalui anak usahanya, American Anthracite SPV 1, LLC, telah menandatangani Stock Purchase Agreement (Perjanjian) untuk mengakuisisi Atlantic Carbon Group, Inc, produsen antrasit ultra high-grade (UHG) terbesar kedua di Amerika Serikat. Melansir keterbukaan informasi BEI, transaksi ini terjadi pada 3 Juni 2024. Adapun nilai akuisisi tersebut mencapai US$122.4 juta atau Rp1,98 triliun.

Direktur Utama DOID, Ronald Sutardja, menjelaskan bahwa transaksi ini mencakup 100% saham dari Atlantic Carbon Group, Inc beserta seluruh anak perusahaannya, termasuk Wildcat Carbon Processing LLC, American Carbon Warehousing LLC, Newcastle Anthracite Company, dan The Central Pennsylvania Anthracite Company. Lebih lanjut, Ronald mengatakan tidak terdapat hubungan afiliasi antara DOID atau Pembeli dengan Penjual sebagaimana diatur dalam Undang-Undang Nomor 4 Tahun 2023 tentang Pengembangan dan Penguatan Sektor Keuangan. Rencana Pengambilalihan ini juga bukan merupakan transaksi benturan kepentingan menurut Peraturan OJK No. 42/POJK.04/2020.

Penyelesaian Rencana Pengambilalihan ini akan tunduk pada pemenuhan syarat pendahuluan yang diatur dalam Perjanjian, termasuk kewajiban untuk memperoleh pendapat kewajaran dari penilai independen.

Rencana Pengambilalihan ini merupakan transaksi material sesuai dengan Peraturan OJK No. 17/POJK.04/2020 yang memerlukan penilaian wajar oleh penilai independen, namun tidak membutuhkan persetujuan dari Rapat Umum Pemegang Saham (RUPS).

DOID akan mengumumkan keterbukaan informasi secara lengkap sesuai dengan POJK 17 setelah Rencana Pengambilalihan selesai dilaksanakan. Setelah pengambilalihan selesai, Perusahaan Target akan dikonsolidasikan ke dalam laporan keuangan DOID, dan grup Perseroan akan mengambil alih kendali atas operasi Perusahaan Target.

Langkah ini diharapkan dapat menguntungkan kondisi finansial DOID dan memperluas portofolio mereka baik secara geografis maupun komoditas masa depan.

Pelaksanaan Rencana Pengambilalihan ini juga merupakan langkah transformasi strategis pertama bagi grup DOID sebagai pemilik tambang dan salah satu produsen utama antrasit UHG secara global, mendukung produksi baja rendah karbon yang lebih ramah lingkungan.